PRESS RELEASE DESA MITRA 2022

Desa Mitra merupakan program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat Kabinet Cakramerta BEM FKH UGM yang dilaksanakan sebagai wujud pengabdian berkelanjutan kepada masyarakat, khususnya warga desa yang menjadi mitra BEM FKH UGM, yakni warga Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul. Adapun Program Desa Mitra Tahun 2022 meliputi tiga kegiatan utama untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, yakni pengembangan budidaya ternak lele, sosialisasi dan pelatihan pembuatan alternatif pakan ternak, serta sosialisasi dan pelatihan pembuatan Eco-enzym. Selain tiga kegiatan utama tersebut, dilakukan monitoring melalui kunjungan berkala ke Dusun Dumpuh untuk memantau perkembangan ketiga program yang diterapkan.

Pada tanggal 16 April 2022, dilaksanakan program yang pertama yaitu pengembangan budidaya ternak lele. Kegiatan tersebut meliputi penyerahan dan pembuatan kolam terpal bundar, penebaran bibit lele baru, penyerahan pakan, serta sosialisasi terhadap warga terkait manajemen ternak lele. Target utama dari program ini adalah remaja karang taruna di Dusun Dumpuh. Peninjauan terhadap perkembangan budidaya lele tetap dilakukan setiap monitoring berlangsung. Lalu, pada tanggal 21 Mei 2022, dilaksanakan program yang kedua untuk sosialisasi dan pelatihan pembuatan alternatif pakan ternak silase yang ditujukan untuk pemberdayaan warga di Dusun Dumpuh yang memiliki ternak atau berprofesi sebagai peternak sampingan. BEM FKH UGM bekerja sama dengan Asisten Laboratorium Nutrisi Klinik Veteriner Departemen Ilmu Penyakit Dalam untuk memberi edukasi dan pelatihan mengenai pembuatan pakan ternak silase. Setelah kegiatan utama, pakan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 bulan agar terfermentasi dengan baik sehingga tetap dilakukan pemantauan berkala terhadap proses pembentukan pakan hingga jadi dan siap diberikan kepada ternak.

Program utama terakhir, yakni sosialisasi dan pelatihan pembuatan Eco-enzym, diadakan khusus untuk pemberdayaan ibu-ibu di Dusun Dumpuh. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 dengan mengundang komunitas Eco-enzym Nusantara Cabang Bantul untuk memberikan materi dan pelatihan. Ibu-ibu yang menjadi peserta pelatihan juga mendapatkan Eco-enzym murni maupun produk turunannya yang dapat digunakan sebagai barang kebutuhan sehari-hari, seperti pupuk, sabun, handsanitizer, dan lain sebagainya. Monitoring terus dilakukan terhadap ketiga program utama tersebut hingga bulan November. Maka, pada tanggal 6 November 2022, Program Desa Mitra tahun 2022 resmi ditutup. Dalam acara penutupan, diadakan sesi diskusi dan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Desa Mitra 2022.

Secara keseluruhan, Program Desa Mitra Tahun 2022 telah terlaksana dengan baik. Walaupun begitu, beberapa kegiatan terlaksana mundur dari timeline yang telah disusun karena menunggu pihak desa mitra yang melaksanakan kegiatan internal terlebih dahulu. Selain itu, masih ada kesulitan dalam koordinasi antarpihak desa dan mahasiswa, kurangnya SDM dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FKH UGM. Namun, produk dari ketiga program utama telah berhasil dibuat sehingga Program Desa Mitra 2022 dikatakan sukses diadakan. Oleh sebab itu, diharapkan Program Desa Mitra tetap berkelanjutan pada periode depan dengan lebih baik lagi. 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.