PRESS RELEASE DESA MITRA 2023

Desa Mitra merupakan program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat Kabinet Rangkai Karsa BEM FKH UGM yang dilaksanakan sebagai wujud pengabdian berkelanjutan kepada masyarakat, khususnya warga desa yang menjadi mitra BEM FKH UGM, yakni warga Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul. Adapun Program Desa Mitra Tahun 2023 meliputi empat kegiatan utama untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, yakni sosialisasi dan pembuatan produk turunan eco-enzyme, sosialisasi dan program olah sampah anorganik, pemantauan pembuatan pakan silase, dan sosialisasi pembuatan produk olahan lele. Selain empat kegiatan utama tersebut, dilakukan kunjungan berkala ke Dusun Dumpuh dan pengecekan kolam lele yang sudah ada di periode sebelumnya.

Pada tanggal 3 Juni 2023, dilaksanakan program yang pertama, yaitu sosialisasi dan pembuatan produk turunan eco-enzyme. Kegiatan tersebut meliputi pembuatan produk berupa sabun dari bahan eco-enzyme yang telah dibuat dari periode sebelumnya, dengan dibantu oleh pembicara dari Eco-enzyme Nusantara. Target utama dari program ini adalah ibu-ibu PKK Dusun Dumpuh. Kegiatan berikutnya meliputi pemberian bahan pakan silase yang dilaksanakan pada 26 Juli 2023. Bahan-bahan pakan silase tersebut diberikan kepada Kepala Dusun Dumpuh yang selanjutnya dibagikan kepada warga Dusun Dumpuh yang berminat membuat pakan silase. Lalu, pada tanggal 12 Agustus 2023, dilaksanakan program yang ketiga, yaitu sosialisasi dan program olah sampah anorganik yang ditujukan untuk pemberdayaan warga di Dusun Dumpuh guna mendukung program Bantul Bebas Sampah 2025. Kegiatan dilaksanakan dengan pembuatan dompet dari sampah plastik minuman serbuk kemasan. Terakhir, pada tanggal 28 Oktober 2023, dilakukan sosialisasi dan pembuatan produk olahan lele. Pada kegiatan tersebut dilakukan demo memasak abon lele bersama ibu-ibu PKK Dusun Dumpuh.

Kegiatan pertama yaitu pembuatan produk turunan dari eco-enzyme mengundang ibu Nike Triwahyuningsih dari Eco-enzyme Nusantara. Para peserta berkesempatan untuk membuat produk secara langsung dan membawa hasilnya masing-masing. Produk sabun siap digunakan setelah 24 jam sejak mengeras. Selain produk berupa sabun, eco-enzyme juga dapat diolah menjadi produk seperti semprotan anti rayap, handsanitizer, dan lain sebagainya.

Pengolahan sampah anorganik sebagai kunjungan Desa Mitra selanjutnya mengundang Ibu Ifa untuk memandu jalannya pembuatan produk. Ibu-ibu serta remaja Dusun Dumpuh membuat kerajinan berupa dompet yang dibuat dari anyaman plastik minuman serbuk kemasan. Setiap peserta mendapatkan paket berisi beberapa bungkus plastik dan berkesempatan untuk membuat secara langsung kemudian membawa pulang hasil dompet anyaman masing-masing.

Rangkaian selanjutnya adalah sosialisasi dan pembuatan produk olahan ikan lele berupa abon dengan target utama ibu-ibu rumah tangga Dusun Dumpuh. Program pembuatan produk turunan olahan ikan lele dibimbing oleh Ibu Nurul dari Khansa Food. Ikan lele dihaluskan, dicampurkan dengan bumbu dapur, lalu digoreng dengan minyak panas kemudian disaring hingga kering. Ibu-Ibu yang menjadi peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan antusias dan mendapatkan produk berupa abon lele untuk dibawa pulang. 

Secara keseluruhan, Program Desa Mitra Tahun 2023 berjalan dengan lancar. Meskipun demikian, selama berlangsungnya kegiatan terdapat beberapa evaluasi yang dapat ditinjau agar program Desa Mitra berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Melalui seluruh rangkaian Desa Mitra 2023, diharapkan masyarakat Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, dapat menerapkan ilmu dari kegiatan yang telah terlaksana agar lebih bermanfaat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.