PRESS RELEASE FIT 2021

Pada hari Sabtu, 20 November 2021, Departemen Sosial Mayarakat BEM FKH UGM Kabinet Arkasura melaksanakan kegiatan Fun in Togetherness (FIT). Tahun-tahun sebelumnya, FIT diadakan dengan melakukan suatu kunjungan ke sekolah dasar di suatu daerah khususnya daerah yang terpencil di Yogyakarta. Mengingat saat ini pandemi belum juga usai, serta sebagian besar sekolah dasar masih melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah, FIT tahun ini dialihkan ke salah satu panti asuhan di Yogyakarta yaitu Panti Asuhan/LKSA Nurul Haq Madania yang beralamat di Jl. Raya Janti Gg. Gemak No. 88, Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

FIT tahun ini diselenggarakan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni dengan tidak melibatkan anak-anak secara langsung demi menghindari terbentuknya kerumunan. FIT tahun ini dikemas dengan pemberian bantuan berupa perlengkapan alat tulis, penempelan poster edukatif tentang hewan, serta ditambahkan suatu pendekatan baru yaitu dengan mengirimkan video tutorial prakarya dari clay yang diproduksi oleh teman-teman dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FKH UGM melalui media sosial kepada pihak panti. Pemberian video tutorial ini juga dilengkapi dengan pemberian alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat prakarya agar anak-anak dari Panti Asuhan/LKSA Nurul Haq Madania dapat langsung menerapkan tutorial kreasinya secara mandiri disana. Harapannya, dengan ini kreativitas anak-anak dapat terfasilitasi dengan baik. Sebagai bentuk apresiasi atas keaktifan dan kreativitas anak-anak saat membuat prakarya, panitia FIT menitipkan hadiah kepada pihak panti untuk diberikan kepada anak-anak teraktif dengan hasil kreasi paling bagus.

Dalam pelaksanaannya, lima orang panitia pergi ke lokasi Panti Asuhan/LKSA Nurul Haq Madania untuk menyerahkan baksos berupa alat tulis, serta perlengkapan prakarya. Panitia juga menempelkan dua poster seputar edukasi tentang hewan pada papan pengumuman yang ada di lingkungan panti. Penyerahan baksos dan perlengkapan prakarya secara simbolis pun didokumentasikan, beserta plakat yang dipersembahkan untuk pihak panti. Meskipun rangkaian kegiatan FIT tahun ini masih dilakukan secara bauran terbatas, harapannya pandemi dapat segera berlalu dan pada pelaksanaan FIT di tahun-tahun berikutnya dapat dilaksanakan secara offline agar dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.