PRESS RELEASE VET RANGERS PROJECT 2023

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FKH UGM. Diadakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan bertemakan “Optimalisasi Kesehatan Ternak Untuk Menunjang Kesejahteraan Masyarakat di Desa Wonolelo” bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan ternak kepada warga Dusun Bojong, Desa Wonolelo, karena daerah tersebut memiliki potensi besar dalam pengembangan peternakannya. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan eksistensi dan aksi nyata mahasiswa dalam masyarakat, serta menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa FKH UGM dengan warga Dusun Bojong, Desa Wonolelo.

Pengabdian masyarakat tahun ini dilaksanakan dalam 2 hari. Hari pertama terdapat beberapa kegiatan yang terlaksana, yaitu medical checkup gratis untuk ternak warga Dusun Bojong, penyuluhan mengenai zoonosis dan pencegahannya melalui manajemen kandang ternak, pembuatan UMMB, senam bersama warga, serta malam pentas seni.

Kegiatan pertama yaitu medical check up gratis untuk ternak warga Dusun Bojong. Terdapat 5 RT di Dusun Bojong dan medical checkup dilakukan berupa pengecekan kesehatan ternak, pemberian vitamin, serta pemberian vaksin PMK dosis ketiga untuk hewan ternak yang terdiri dari sapi, kambing, dan domba. Bekerja sama dengan 2 dokter hewan dan 2 paramedis dari Puskeswan Pleret, kegiatan medical checkup dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan mengenai Zoonosis dan Pencegahannya Melalui Manajemen Kandang dengan target peserta yakni peternak di Dusun Bojong. Pembicara penyuluhan mengenai PMK adalah drh. Rina Wijayani. Menggunakan pendekatan yang interaktif sekaligus informatif, drh. Rina sukses menarik perhatian warga Dusun Bojong. Karena mayoritas audiens dari penyuluhan tersebut adalah warga desa yang kerap menggunakan bahasa daerah setempat, drh. Rina dapat menyalurkan informasi mengenai pengertian, pencegahan, penanganan awal, dan tips-tips mengenai zoonosis secara interaktif dengan menggunakan bahasa daerah setempat. Kegiatan penyuluhan, disambung dengan Pelatihan Pembuatan Urea Molasses Multinutrient Block (UMMB), yaitu pakan tambahan atau suplemen yang bermanfaat dan bernutrisi untuk ternak ruminansia. Peserta terbagi menjadi 2 kelompok kecil, diarahkan oleh Volunteer untuk mengarahkan dan memberi informasi mengenai cara-cara pembuatan UMMB. 

Di sore hari yang bersamaan dengan kegiatan penyuluhan dan pembuatan UMMB, dilaksanakan pula kegiatan senam bersama dengan target perserta yakni, ibu-ibu warga Dusun Bojong. Kegiatan dipandu oleh volunteer yang menjadi instruktur senam, beserta sebagian dari panitia yang turut serta dalam kegiatan senam tersebut. Kegiatan mendapatkan antusiasme tinggi dari ibu-ibu warga Dusun Bojong. Kegiatan selanjtnya merupakan pentas seni yang dilaksanakan pada malam hari. Pentas seni berisikan penampilan yang ditampilkan oleh perwakilan pemuda Dusun Bojong dan perwakilan mahasiswa FKH UGM. Kegiatan ini sekaligus untuk menjalin keakraban dengan pemuda yang terdapat di Dusun Bojong. 

Pada hari kedua terdapat dua kegiatan yang terlaksana, yakni perlombaan untuk anak-anak Dusun Bojong dan bakti sosial. Perlombaan dilakukan berupa permainan sederhana seperti Kotak Goyang Bola, Estafer Karet, Ular Balon, dan Corong Monyet. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias tinggi dari anak-anak Dusun Bojong. Selain itu, dalam perlombaan ini juga terdapat pemenang yang diapresiasi berupa diberikan hadiah. Akhir dari kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah bakti sosial. Pembagian sembako kepada 5 RT di Dusun Bojong Sebanyak 45 paket sembako yang disalurkan langsung kepada rumah warga dengan didampingi oleh karang taruna Dusun Bojong. Penutupan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan pemotongan tumpeng sekaligus berpamitan kepada Bapak Kepala Dukuh Dusun Bojong untuk kembali ke FKH UGM.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.