PRESS RELEASE SEKOLAH AKSI 2022

Sekolah aksi merupakan salah satu program kerja departemen Aksi dan Propaganda BEM FKH UGM. Kegiatan Sekolah Aksi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya meningkatkan eksistensi BEM FKH UGM kepada masyarakat luas dan sebagai upaya dalam meningkatkan kegiatan edukasi terkait kepekaan mahasiswa, terutama pengurus BEM FKH UGM, dalam mengawal isu-isu, baik isu nasional maupun isu internal kampus UGM, yang dirasa masih terpaku hanya oleh beberapa individu ataupun departemen tertentu perlu ditumbuhkan melalui kegiatan yang memberikan gambaran terkait pengawalan isu tersebut sebagai wujud nyata dari peranan mahasiswa yaitu sebagai agent of change, social control, dan iron stock.

Sekolah Aksi tahun ini dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022 dan dilaksanakan secara luring di ruang 301, Gedung V4, lantai 3, Fakultas Kedokteran Hewan UGM dengan menghadirkan pembicara hebat yaitu Rafli Ryan Maulana Menteri Aksi dan Propaganda BEM KM UGM 2019.  Acara ini dihadiri oleh 53 peserta dari mahasiswa FKH UGM. Tahun ini, Sekolah Aksi mengusung tema “Manajemen Aksi dan Manajemen Isu dalam Pergerakan Mahasiswa” dengan harapan peserta dapat menumbuhkan kepekaan mahasiswa FKH UGM terutama pengurus BEM FKH UGM terhadap isu-isu nasional maupun isu internal UGM serta turut aktif dalam pengawalan isu tersebut dalam segala kondisi.

Acara ini berlangsung selama 3 jam dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada, sambutan dari Ketua Panitia Sekolah Aksi, kemudian, dilanjutkan dengan Sesi Pembicara 1 yang dibawakan oleh Rafli Ryan Maulana dengan materi “Manajemen Isu dan Aksi”, dimana sesi kali ini dijelaskan tahapan tahapan dalam proses pengawalan isu yang ada, cara memilih isu yang akan diangkat aksi, manajemen opini public yang meliputi : wacana, logika, dan retorika, selanjutnya juga dijelaskan tahapan dalam melaksanakan aksi, seperti konsolidasi dan teknis lapangan serta dijelaskan juga jenis-jenis aksi. 

Setelah sesi pemaparan materi oleh pembicara usai, sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara. Terdapat 9 penanya yang menanyakan seputar hal-hal yang terjadi ketika aksi, bagaimana tahapan lebih detail dalam pelaksanaan aksi. Setelah sesi tanya jawab selesai, terdapat sesi pengumuman dua penanya terbaik, setelah itu acara ditutup dan dilaksanakan kegiatan dokumentasi peserta Sekolah Aksi beserta panitia dan pembicara Sekolah Aksi 2022.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.