PRESS RELEASE PEMILUVET 2022

Pemilihan Umum Veteriner (PEMILUVET) 2022 merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Veteriner dan didampingi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Veteriner serta Mahkamah Pemilihan Umum Veteriner untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa dan Pimpinan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Rangkaian acara Pemilihan Umum Veteriner dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober hingga 1 Desember yang dibuka dengan sosialisasi Pemiluvet secara daring melalui media Zoom Meeting, dilanjutkan dengan pendaftaran calon Ketua BEM dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa, musyawarah KM, verifikasi berkas, technical meeting, orasi calon Ketua BEM, uji publik calon Ketua BEM dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa, tour de angkatan, pemungutan dan perhitungan suara serta ditutup dengan pengumuman Ketua BEM dan Pimpinan Senat terpilih periode 2023 yang diselenggarakan secara luring di lingkungan FKH UGM.

Pada tahun ini, dikarenakan belum adanya satupun pendaftar setelah penutupan masa pendaftaran calon Ketua BEM dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa, sehingga masa pendaftaran diperpanjang selama 2 hari dan terdapat 1 Calon Ketua BEM yang mendaftar yaitu Nicolaus Januar Sugianto (2020). Berdasarkan Amanat Undang-Undang Pemilihan Umum Veteriner No. 1 Tahun 2022 pasal 6 ayat 6 dan pasal 6 ayat 3, diselenggarakan Musyawarah KM untuk memilih calon Pimpinan Senat Mahasiswa FKH UGM. Hasil dari Musyawarah KM tersebut adalah terpilihnya 7 calon Pimpinan Senat Mahasiswa secara aklamasi, yaitu atas nama Muhammad Faiz Azzamul Haq (2020), Qori Nurul Husnaida (2020), Mutiara Kinasih Nuladani (2021), Violina Septiani Setyoputri (2021), Eriyanti Lestari (2021), Wildan Nalantusa (2021), Yazmin Fadilla (2021). Selanjutnya seluruh calon Ketua BEM dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa mengikuti verifikasi berkas dan dinyatakan lolos tahap verifikasi dan dapat mengikuti kegiatan Pemilihan Umum Veteriner 2022 sebagaimana yang telah terjadwal oleh Komisi Pemilihan Umum Veteriner.

Rangkaian Pemilihan Umum Veteriner 2022 dilanjutkan dengan masa kampanye yang dilaksanakan secara luring di lingkungan FKH UGM dan melalui media sosial dengan pengawasan KPUV. Masa kampanye dilaksanakan selama 10 hari dan diselenggarakan kegiatan orasi calon Ketua BEM, uji publik calon Ketua BEM dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa, serta tour de Angkatan calon Ketua BEM. Seluruh rangkaian kampanye berjalan dengan baik dan diikuti oleh peserta Pemilu Veteriner sebagaimana mestinya. 

Puncak acara Pemilihan Umum Veteriner 2022 adalah diselenggarakannya pemungutan suara selama 2 hari di 2 TPS dan ditutup dengan perhitungan suara pada tanggal 30 November 2022. Hasil akhir perolehan suara, yaitu calon Ketua BEM nomor urut 1 atas nama Nicolaus Januar Sugianto memperoleh 461 suara dan kotak kosong pada nomor urut 2 memperoleh 160 suara. Dengan demikian, berdasarkan perolehan suara terbanyak, Ketua BEM FKH UGM terpilih periode 2023 adalah calon urut nomor 1, yaitu Nicolaus Januar Sugianto (2020). Acara kemudian ditutup dengan penetapan Ketua BEM Terpilih FKH UGM periode 2023 dan penetapan Pimpinan Senat Mahasiswa Terpilih FKH UGM periode 2023.

Secara keseluruhan Pemiluvet 2022 telah berjalan dengan baik, terdapat beberapa kendala, namun semangat demokrasi tetap terasa. Beberapa hal yang masih harus diperbaiki pada Pemiluvet tahun ini yaitu kurangnya publikasi di setiap acara yang dapat dilihat dari sedikitnya partisipan yang bergabung, dan pembuatan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Pemilu Veteriner yang kurang mendetail sehingga masih terdapat kesalahpahaman dalam menerima informasi. Dari kekurangan tersebut, semoga dapat menjadi perhatian untuk Pemilu Veteriner yang lebih baik ke depannya. 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.