PRESS RELEASE RBB 2021

Minggu, 21 Maret 2021, PSDM BEM FKH UGM menyelenggarakan kegiatan RBB atau Ruang Belajar BEM yang merupakan kegiatan pencerdasan kabinet BEM FKH UGM di awal kepengurusan sebagai bekal untuk menjalankan kepengurusan yang baru. Acara ini berlangsung melalui platform Cisco Webex dan dihadiri oleh 70 orang pengurus kabinet Arkasura BEM FKH UGM.

Kegiatan Ruang Belajar BEM dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 9.25 sampai dengan pukul 11.05 WIB. Pada sesi ini, materi yang diberikan difokuskan untuk seluruh anggota BEM FKH UGM. Materi yang disampaikan pada sesi ini adalah Aktualisasi Peran BEM di Masa Pandemi oleh Galang Dwi Putra (Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UGM 2020). Materi disampaikan dengan cara yang interaktif dengan adanya tanya-jawab antara peserta dan pemateri disela-sela pemberian materi serta ada sesi tanya-jawab setelah penyampaian materi.

Foto bersama dengan Pemateri RBB 2021

Sesi pertama ini diakhiri dengan foto bersama dengan pemateri. Setelah sesi satu selesai untuk mencairkan suasana diadakan ice breaking dalam bentuk kuis menggunakan platform quizizz. Kuis berlangsung sangat seru dan dimenangkan oleh Nabilla Az-Zahra angkatan 2020 Intania Tria angkatan 2019 sebagai winner dan Intania Tria angkatan 2019 sebagai runner-up.

Pada sesi kedua, berlangsung pada pukul 11.20 sampai dengan pukul 12.50 WIB.Pada sesi ini, materi yang  diberikan difokuskan untuk masing-masing departemen dan biro.

Foto bersama dengan pembicara di masing-masing departemen dan biro

Narasumber yang dihadirkan dan materi yang diberikan relevan dengan kebutuhan masing-masing departemen dan biro. Marshal Nizar Ismail (Menteri Komunitas Analisis BEM KM UGM 2021)  sebagai pemateri untuk Departemen Kajian Strategis,  Elisabet Panjaitan (Kepala Departemen Kekaryaan dan Prestasi BEM Farmasi 2021) sebagai pemateri untuk Departemen Minat dan Bakat, Yayang Morovia Sifa’ (Ketua BEM FKH UGM 2020) sebagai pemateri untuk Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa, Thomas Tatag Yana K (Menteri Aksi dan Propaganda BEM KM UGM 2021) sebagai pemateri untuk Departemen Aksi dan Propaganda, Kintansari Adhyna Putri (Menteri Komunitas Sekretaris Jenderal BEM KM UGM 2021) sebagai pemateri untuk Biro KSK, Nadhira Ayu Salsabila (Deputi Eksternal BEM FKH UGM 2021) sebagai pemateri untuk Departemen Jaringan Eksternal, Abhimanyu N M (Anggota Design Pallapa 2019) sebagai pemateri untuk Departemen Komunikasi Media Informasi, drh Shabrina Riztia (Praktek Dokter Hewan Jogja) sebagai pemateri untuk Departemen Kewirausahaan, dan Rofi’i Zuhdi Kurniawan (Menteri Sosial dan Masyarakat BEM KM UGM 2021) sebagai pemateri untuk Departemen Sosial dan Masyarakat. Kegiatan Ruang Belajar BEM ini diakhiri dengan foto bersama.

Foto bersama diakhir kegiatan

Menurut Azzura Alika Putri, salah satu staff Departemen Sosial Masyarakat, kegiatan “Ruang Belajar BEM” memberikan pengetahuan lebih luas tentang ke-organisasi-an. Sharing pengalaman dan materi sosial masyarakat yang disampaikan sangat relevan, berbobot, dan inspiratif sehingga membuka pandangan terkait permasalahan sosial di masyarakat yang lebih luas.

Kegiatan RBB berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Akan tetapi, waktu yang diberikan oleh panitia dirasa kurang dan terlalu sedikit untuk pembicara di masing masing departemen dan biro. Ada beberapa hal yang juga menjadi  evaluasi, yaitu kurang disiplinnya panitia dalam menyelesaikan konten yang harus di share kepada pembicara terutama TOR dan template PPT. Selain itu, terdapat miskomunikasi antara panitia dan pembicara. Evaluasi lainnya yaitu terkendalanya device panitia ketika share schreen pada hari H dan banyak peserta tidak dapat menggunakan virtual background karena perangkat device yang tidak mendukung. Harapan untuk kedepannya agar lebih dipersiapkan lagi timeline kerja, komunikasi tetap dijaga walaupun pelaksanaan secara daring, mempersiapkan plan a b c dan backup teknis untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan dan menggunakan platform yang ramah atau mempersiapkan tutorial cara menggunakan platform tersebut untuk meminimalisir kesalahan teknis.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.