Press Release KKN-Basic Training 2022

Pada hari Minggu 12 Juni 2022, Departemen Sosial Masyarakat BEM FKH UGM telah melaksanakan kegiatan KKN-Basic Training sebagai bentuk pelayanan dari BEM terhadap mahasiswa FKH UGM angkatan tahun 2019 yang akan mengikuti KKN pada periode 2. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pembekalan dan sharing pengalaman yang mencakup pemaparan materi program kerja terkait dengan pelaksanaan KKN terutama untuk mahasiswa fakultas kedokteran hewan oleh Dr. drh. Trini Susmiati, M.P., serta sharing kisah dan pengalaman dalam menjalankan program kerja KKN secara luring oleh drh. Hadimas Bakti Pratama. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB menggunakan platform Zoom Meeting.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan doa oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada, sambutan dari ketua pelaksana, sambutan dari ketua BEM FKH UGM, sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang berjudul “Program Kerja Pelaksanaan Mahasiswa KKN” oleh pembicara 1 yaitu Dr. drh. Trini Susmiati, M.P. yang berisi topik bahasan mengenai tujuan dan manfaat dilaksanakannya KKN, cara mengidentifikasi masalah, analisis potensi, metode kegiatan, sistem penilaian, contoh tema yang baik, contoh road map yang berkelanjutan, dan tips menjalani KKN. Materi pertama ditutup dengan tanya jawab yang aktif kemudian dilanjutkan dengan sharing kisah dan pengalaman pelaksanaan KKN secara luring yang disampaikan oleh pembicara 2 yaitu drh. Hadimas Bakti Pratama yang berisi topik bahasan mengenai konsep dan tujuan dilaksanakannya KKN, persiapan KKN luring, manajemen waktu saat KKN, cara beradaptasi dengan masyarakat, contoh program kerja KKN bagi mahasiswa fakultas kedokteran hewan, dan tips menjalani KKN luring. Materi kedua juga ditutup dengan diskusi tanya-jawab yang aktif antar peserta dan pembicara.

drh. Agung Budiyanto, M.P. Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan KKN-Basic Training 2022 dengan berpendapat bahwa diadakannya kegiatan ini dapat sangat membantu memberi bekal pada mahasiswa FKH UGM Angkatan 2019 yang akan melaksanakan KKN periode 2. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan gambaran dan bekal mendasar bagi mahasiswa FKH UGM angkatan 2020 dan 2021 baik dalam penyusunan proposal maupun penyusunan rencana program kerja KKN kedepannya. Mahasiswa FKH UGM Angkatan 2019 juga merasa cukup terbantu dengan diselenggarakannya acara ini. Untuk kedepannya, diharapkan program ini tetap dilaksanakan dan dengan lebih baik lagi.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.