PRESS RELEASE SEKOLAH KASTRAT 2023

Sekolah Kastrat 2023 merupakan salah satu program kerja Departemen Kajian Strategis BEM FKH UGM. Program kerja ini sendiri bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa seputar kajian sekaligus mengeratkan hubungan antarmahasiswa UGM. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para hadirin mampu meningkatkan kepedulian, daya kritik, dan daya nalar terhadap isu penting terutama isu yang umum di lingkungan kampus. 

Pada tahun 2023, Sekolah Kastrat mengusung tema “Optimalisasi Peranan Kajian dalam Pengawalan Sebuah Isu Melalui Media yang Atraktif.” Serta mengusung 2 subtema yakni “Penuangan olah pikir melalui kajian yang substansial” dan “Pemanfaatan media sebagai bentuk publikasi kajian yang atraktif.” Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang 301 FKH UGM pada hari Minggu, 21 Mei 2023 pukul 13.00-16.30 WIB dan dihadiri oleh 59 peserta yang berasal dari UKM KM FKH UGM dan beberapa lembaga eksekutif dari fakultas lain yang terdapat di UGM.

Di acara spesial ini, Sekolah Kastrat menghadirkan dua pembicara hebat, yaitu Andreas Tri Pamungkas dan Marshal Nizar Ismail. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Andreas Tri Pamungkas yang merupakan jurnalis sekaligus dosen program studi Ilmu Komunikasi Amikom. Pak Andreas menyampaikan materi dengan subtema “Penuangan olah pikir melalui kajian yang substansial.” Materi yang disampaikan beliau mengenai fungsi dari media, proses bagaimana informasi itu sampai mulai dari informan hingga ke penerima informasi. Tentu saja sebagai jurnalistik yang sudah berkecimpung di dunia komunikasi cukup lama, Pak Andreas menyampaikan kiat mengolah kajian dari sisi jurnalistik sekaligus strategi yang dipasang dalam pembuatan kajian tersebut.

Pada sesi kedua, giliran saudara Marshal Nizar Ismail untuk mengisi pembekalan materi. Marshal Nizar Ismail pernah menjabat di BEM KM UGM sebagai Menteri Koordinator Analisis dan Menteri Analisis Isu Strategis. Beliau kini menjabat sebagai Staf Ahli Deputi III Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, founder dan chief excecutive officer PT CSI, serta founder dan comissioner PT MORO STUDIO. Saudara Marshal memaparkan materi dengan subtema “Pemanfaatan media sebagai bentuk publikasi kajian yang atraktif” serta menjelaskan mengenai karakter tiap media massa atau platform media sosial, cara penggunaan isu yang tepat guna, serta cara menggunakan suatu platform secara tepat guna dalam pengawalan isu. Yang menakjubkan adalah saudara Marshal mengemas seluruh materi dengan penyampaian yang luwes dan mudah diterima oleh mahasiswa. Namun tentu saja tanpa mengurangi esensi atau hal utama yang hendak disampaikan di pembekalan materi tersebut. 

Sekolah Kastrat 2023 berlangsung dengan seru dan lancar. Pada akhir sesi, para peserta aktif dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang disampaikan. Kemudian, di penghujung acara ditutup dengan sesi kuis dan foto bersama dengan pembicara. 

Sekolah Kastrat 2023? Mengasah pikiran, makin jago buat kajian!