PRESS RELEASE SEKOLAH KASTRAT 2022

Sekolah Kastrat 2022 merupakan salah satu program kerja Departemen Kajian Strategis BEM FKH UGM. Tujuan dari diadakannya Sekolah Kastrat 2022 adalah untuk menambah pengetahuan dan mempererat hubungan antar lembaga KM FKH UGM. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kepedulian, daya kritik, dan daya nalar terhadap isu-isu yang ada terutama isu di lingkungan kampus. Sekolah Kastrat 2022 mengambil tema “Pentingnya Pemahaman Isu dalam Proses Pembuatan Kajian yang Berkualitas”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Sabtu, 16 April 2022 pukul 10.00–13.00 WIB dan dihadiri oleh 80 peserta lebih yang berasal dari UKM KM FKH UGM dan beberapa fakultas kedokteran hewan lain di Indonesia.

 

Sekolah Kastrat 2022 menghadirkan dua pembicara hebat, yaitu Derby Pambudi dan Nadya Zahra. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh saudara Derby Pambudi yang merupakan Kepala Departemen Kajian Strategis dan Kebijakan DEMA Justicia 2022. Saudara Derby Pambudi menyampaikan materi dengan subtema “Pentingnya Pemahaman dan Pengawalan Isu melalui Penulisan Kajian”. Materi tersebut terdiri dari pengenalan dan manajemen mengenai isu serta arti penting pergerakan mahasiswa. Pada sesi ini juga dijelaskan bagaimana peran penting kajian dalam pengawalan isu dan bagaimana seharusnya kajian yang strategis dan berkualitas.

Pada sesi kedua Sekolah Kastrat 2022, saudari Nadya Zahra yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kajian dan Riset Strategis BEM FEB UGM 2022 memaparkan materi untuk subtema kedua, yaitu “Pentingnya Peka dan Paham terhadap Suatu Isu sehingga Menghasilkan Suatu Kajian yang Berkualitas”. Materi disampaikan dengan judul “Dive Deep dalam Dunia Kajian”. Saudari Nadya Zahra menjelaskan bagaimana cara penulisan kajian, dimulai dengan memahami apa itu kajian, langkah-langkah penulisan dan struktur kajian, serta bagaimana mencari sumber referensi yang kredibel. Tidak hanya itu, pada sesi kedua juga disampaikan bagaimana pengawalan isu melalui kajian dan pentingnya kajian tersebut dalam pengawalan.

Sekolah Kastrat 2022 berlangsung meriah dan lancar. Acara ini kemudian diakhiri dengan foto bersama serta games dengan platform Quizizz.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.