PRESS RELEASE SEKOLAH KAJIAN KM FKH UGM

SEKOLAH KAJIAN ONLINE KM FKH UGM 2020

 

Pada hari Sabtu, 16 Mei 2020 telah dilaksanakan Sekolah Kajian secara online oleh Departemen Kajian dan Riset Strategis BEM FKH UGM beserta gabungan dari beberapa UKM yang terdapat di KM FKH UGM menggunakan Webex. Sekolah Kajian kali ini membahas tentang analisis kebijakan publik dan press release dengan pemateri pertama Gendis Syari Widodari selaku Menteri Analisis dan Strategi BEM KM UGM 2018 dan Mohammad Mahrus Ali, Menteri Kajian dan Aksi Strategis BEM KMFT UGM 2020 selaku pembicara kedua. Acara yang berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 WIB ini diharapkan dapat berguna untuk mahasiswa fakultas kedokteran hewan terutama dalam memvisualisasikan suatu berita melalui pendalaman kajian dan press release.

Pada sesi pertama menjelaskan tentang standing position analisis kebijakan publik. Untuk analisis kebijakan publik mainstream top-down, analisis bersifat objektif bebas menilai dan tidak berpihak, sedangkan analisis kebijakan publik bottom-up, analisis bersifat subjektif-intersubjektif berpihak dan politis. Dalam model analisis kebijakan publik, terdapat model rational comprehensive, mixed scanning, dan garbage can. Narasumber juga membahas tentang cara menemukan research gap berdasarkan perspektif analisis, perspektif teknis-administratif, perspektif politis.

Pada sesi kedua dilakukan pembahasan mengenai press release, mulai dari informasi dalam bentuk berita yang dipublikasikan di media, press release sebagai penggiring opini, hingga langkah-langkah dalam membuat press release. Dalam sebuah press release, dibutuhkan judul yang jelas dan menarik, atensi dari paragraf pertama dengan menggunakan kaidah 5W+1H, struktur press release 5W+1H, keakuratan terhadap siapa target yang ditujukan dan harus sederhana, penyisipan tips seperti kalimat pemantik atau quotes, serta mencantumkan contact person.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Satu pemikiran di “PRESS RELEASE SEKOLAH KAJIAN KM FKH UGM”