PRESS RELEASE AWARE OF ISSUE 2023

Aware of Issue merupakan salah satu program kerja Departemen Aksi dan Propaganda BEM FKH UGM. Mengangkat tema “Climate Changed Us”, Aware of Issue kali ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan isu tentang lingkungan. Pemanasan Global yang diakibatkan oleh Climate Change memberikan dampak langsung terhadap makhluk hidup, tak terkecuali pada manusia dan hewan.

Diadakannya Aware of Issue 2023 bertemakan “Climate Changed Us” bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat luas terutama KM FKH UGM untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Terlebih belakangan ini dapat dirasakan imbas dari climate change atau perubahan iklim seperti pemanasan global mengakibatkan kenaikan suhu bumi yang berdampak tidak hanya pada manusia tapi juga pada hewan.

Kegiatan Aware of Issue 2023 diisi dengan serangkaian kegiatan yang dimulai dari rilis kajian, kampanye, dan ditutup dengan webinar. Dalam rangkaian acara tersebut diisi dengan konten-konten pencerdasan mengenai fakta unik dan kiat-kiat menanggulangi Climate Change yang diunggah melalui Instagram Aware of Issue yaitu @aoi_bemfkhugm. Rangkaian acara dimulai dengan rilisnya kajian pada hari Selasa, 16 Mei 2023 yang diunggah di Instagram Aware of Issue (@aoi_bemfkhugm) disusul dengan pengunggahan konten-konten kreatif. Selain itu terdapat kampanye dengan mengusung tema “My OldFit” dan “No Food Waste” yang dilaksanakan mulai dari 16 Mei 2023 hingga 2 Juni 2023 yang diikuti oleh teman-teman KM FKH UGM.

Puncak acara terlaksana pada Sabtu, 24 Juni 2023 pukul 09.00 hingga 13.00 WIB yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting. Webinar Aware of Issue 2023 bertajuk “Climate Changed Us: Adaptation and Strategies of Sustainable Lifestyle for Climate Resilience”. Webinar diawali dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua BEM FKH UGM, serta Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pembicara pertama oleh Bapak Ari Yuwono selaku perwakilan dari Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa yang membahas mengenai peningkatan kapasitas, perubahan iklim serta kebijakan dan program pemerintah untuk menanggulangi perubahan iklim. Pak Ari menjelaskan mengenai perubahan iklim yang terjadi dan komitmen berbagai negara untuk menjaga suhu dunia serta ajakan kepada mahasiswa maupun masyarakat umum dalam membantu menjaga bumi.

Selanjutnya, pemaparan materi oleh Ibu Astrid Ediati selaku owner dan fashion designer dari sustainable fashion yang membahas mengenai peran sustainable fashion dan peran industri fashion dalam mengurangi limbah untuk menanggulangi perubahan iklim. Ibu Astrid menjelaskan mengenai dampak limbah tekstil yang menyumbang sejumlah besar sampah di Indonesia dan mengajak peserta untuk mengurangi pemborosan dalam berbelanja baju serta mengenalkan beberapa kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam mix and match gaya busana dengan minim pembelian baju. Pemaparan materi kali ini menarik antusias peserta yang menunjukkan banyaknya pertanyaan diberikan kepada pembicara.

Akhir dari webinar ditutup dengan pengumuman penanya terbaik dan foto bersama pemateri beserta seluruh peserta Aware of Issue 2023. Webinar berjalan dengan lancar sesuai rundown tanpa adanya kendala, pemateri yang interaktif, serta antusiasme peserta yang menjadikan webinar berjalan dengan baik. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan tiap tahun agar masyarakat umum mendapatkan lebih banyak informasi terkait isu-isu yang sedang hangat dibahas.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.