PRESS RELEASE AWARE OF ISSUE 2022

Aware of Issue 2022 merupakan salah satu program kerja baru Departemen Aksi dan Propaganda BEM FKH UGM. Dengan bertemakan “Climate Change Movement : Be a Game Changer to Save Our Earth” diadakannya Aware of Issue 2022 bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat luas terutama KM FKH UGM untuk lebih aware terhadap lingkungan sekitar. Terlebih akhir-akhir ini banyak berita yang mengangkat isu climate change seperti cairnya es di Puncak Jaya Wijaya, banjir bandang, hingga kenaikan suhu bumi.

Aware of Issue tahun ini berbentuk rangkaian kegiatan berupa Rilis Kajian, Campaign, dan Webinar yang bersifat terbuka untuk umum. Kegiatan pertama yaitu Rilis Kajian diadakan pada tanggal 10 – 11 Mei 2022 dengan mengunggah sebuah kajian yang mengangkat isu climate change dalam bentuk konten yang menarik di media sosial Instagram. Kegiatan Campaign berlangsung dari tanggal 24 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022 dilakukan dengan mengunggah foto individu di media sosial Instagram yang menunjukkan keikutsertaan peserta menggunakan totebag dan tumbler dalam upaya mengurangi penggunaan plastik sesuai dengan tema kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan terakhir yaitu Webinar dilaksanakan pada Sabtu, 4 Juni 2022 secara daring melalui platform Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh total 129 peserta baik dari mahasiswa di seluruh Indonesia maupun masyarakat umum. Webinar berlangsung selama 3 jam diawali dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua BEM FKH UGM, serta Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pembicara pertama oleh Aditya Perdana Putra dari Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang membahas mengenai Peningkatan Kapasitas dan Perubahan Iklim. Pak Adit menjelaskan mengenai perubahan iklim yang terjadi dan komitmen berbagai negara untuk menjaga suhu dunia serta ajakan kepada mahasiswa ataupun masyarakat umum dalam membantu menjaga dunia ini. Pemaparan materi kali ini menarik antusias peserta yang menunjukkan banyaknya tanya jawab diberikan kepada pembicara. Selanjutnya, pemaparan materi oleh Fitria Budiyanti dari Zero Waste Indonesia yang membahas Zero Waste dan Perubahan Iklim. Kak Fitria menjelaskan mengenai dampak penggunaan plastik sangatlah besar dan mengajak peserta untuk mengurangi penggunaan plastik serta mengenalkan beberapa pihak yang bisa diajak untuk bekerja sama dalam mendaur ulang sampah anorganik dan organik. Dengan banyaknya pertanyaan dilontarkan oleh peserta menunjukkan ketertarikan pada organisasi Zero Waste Indonesia serta pihak kerja sama lainnya.

Akhir dari webinar ditutup dengan pengumuman pemenang Campaign dan foto bersama pemenang serta peserta yang hadir meramaikan acara. Webinar berjalan dengan lancar sesuai dengan rundown yang ada tanpa adanya kendala. Meskipun begitu, selama rangkaian kegiatan yang telah terlaksana terdapat beberapa evaluasi untuk panitia ke depannya. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan tiap tahun agar masyarakat umum mendapatkan lebih banyak informasi terkait isu-isu yang sedang hangat dibahas.

Foto bersama para pemenang Campaign Aware of Issue 2022

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.