Siapkan Diri Dengan Transkrip Non-Akademik

Semua mahasiswa ataupun siapa saja yang menempuh dunia pendidikan akan mengenal istilah akademik dan non akademik. Secara sederhana, kegiatan mahasiswa yang termasuk akademik adalah meliputi kuliah, praktikum , laporan, penelitian dll. Sedangkan kegiatan mahasiswa non akademik meliputi kegiatan dalam organisasi lingkup intrakampus dan ekstrakampus atau ikut bergabung dalam sebuah  unit kegiatan mahasiswa. Sebagai mahasiswa gadjah mada yang  memiliki jiwa pancasila, berfikir dengan inteligensi tinggi, berwawasan luas, dan kritis sudah pastinya sejak tahun  pertama bahkan sejak proses dunia perkuliahanya sendiri pasti memiliki rencana untuk masa sekarang dan yang akan datang. Apa yang akan dilakukan oleh seorang mahasiswa ketika menjalani proses kuliah adalah penentu masa depanya. hal itu berkaitan dengan segala aktivitas kemahasiswaan yang meliputi ativitas akademik dan non akademik.

Tuntutan dunia pekerjaan baik ranah politik, sosial, ekonomi, maupun medis dan sains semuanya membutuhkan penilaian akademik dan non akademik. Bahkan penilaian non akademik jauh lebih tinggi diperhitungkan dalam bidang kerja dibandingkan dengan nilai akademik. Karena hal tersebut merupakan aspek kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Seseorang dengan kemampuan intelektual tinggi yang hanya ditunjukan dengan “Nilai” namun memiliki kesulitan dalam bersosialisasi ataupun kurangnya kemampuan problem solving  yang dimiliki, terkadang akan mengalami kesulitan dalam realita dunia kerja. Maka dari itu, perlunya mengikuti kegiatan diluar aktivitas kuliah adalah penting. Seperti aktif dalam organisasi, UKM, tim penelitian, aktif mengikuti lomba-lomba kepenulisan atau olahraga, dan sebagainya. Dengan aktif dalam kegiatan tersebut, kemampuan Soft Skill, leadership, manajemen diri dan penalaran kita akan semakin maksimal dan siap untuk di masa depan nanti.

Sudah waktunya untuk buktikan itu di dunia kerja. Dengan mulai mengisi TRANSKRIP NON AKADEMIK di situs http://simpkm.dirmawa.ugm.ac.id/ untuk mendapatkan apresiasi  lebih dan menunjang kesiapan berkas ketika di akhir masa perkuliahan nanti . Mari mulai mengisi dari sekarang, setiap kegiatan yang kita ikuti apapun itu, mulai dari kepanitiaan, ikut organisasi, meraih kejuaraan lomba, atau kegiatan ilmiah. Segera kumpulkan segala macam bukti prestasi dibidang non-akademik, seperti sertifikat kepanitiaan, surat keputusan kepengurusan organisasi, dan piagam penghargaan kejuaraan atau prestasi dibidang ilmiah. Jangan tunggu nanti untuk aktif organisasi untuk mengisi Transkrip ini, mari mulai mengisi riwayat kegiatan non-akademik mulai dari sekarang.

Kunjungi link berikut untuk panduan lengkap pengisian transkrip non akademik :
http://bit.ly/PanduanTranskipNonAkademik

 

Departemen Kajian Strategis dan Advokasi
BEM FKH UGM
Kabinet “FKH SATU”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *